Banyumas Runners Ikut Serta di NusantaRun Chapter 4 Cirebon-Purwokerto 145 KM

0
565

KOTAPURWOKERTO.COM – Yayasan Lari Nusantara yang lahir pada tahun 2014 ini menjadi motor sebuah gerakan bernama NusantaRun yang diadakan setiap tahun untuk mengumpulkan donasi pendidikan di Indonesia. Cara yang ditempuh adalah dengan berlari dari satu kota ke kota lainnya di Indonesia dengan bantuan supporting crew selama perjalanan. Yayasan Lari Nusantara ini terbentuk karena kesamaan visi beberapa orang terhadap tiga hal, yaitu kebiasaan hidup sehat melalui olahraga lari, keinginan untuk berkontribusi terhadap sesama, dan kecintaan terhadap tempat-tempat indah di Indonesia.

banyumas-runners-ikut-serta-di-nusantarun-chapter-4-cirebon-purwokerto-145-km

Di tahun ke-4 ini, Purwokerto dipilih menjadi tempat finish para peserta Charity NusantaRun Chapter 4 Cirebon – Purwokerto 145 km dan nantinya akan ada beberapa sekolah yang mendapatkan bantuan dana dari acara ini. Acara yang akan berlangsung tanggal 16-18 Desember 2016 ini diikuti oleh ratusan peserta. Dari Purwokerto sendiri di wakilkan oleh 2 orang dari komunitas Banyumas Runners yaitu Agil Yanuar dan Joni Setiawan.

Agil Yanuar (kiri) dan Joni Setiawan dari Komunitas Banyumas Runners
Agil Yanuar (kiri) dan Joni Setiawan dari Komunitas Banyumas Runners

Misi penggalangan dana NusantaRun ini dilakukan melalui website KitaBisa.com. Tahun lalu NusantaRun berhasil mengumpulkan donasi dan membuat lebih dari 1000 anak bisa bersekolah selama 3 tahun dengan bantuan GNOTA, berikut ringkasan dana yang terkumpul :

  • 2013 – NusantaRun Chapter 1 – Jakarta ke Bogor 53,5 km, berhasil mengumpulkan donasi sebesar 137 juta rupiah
  • 2014 – NusantaRun Chapter 2 – Bogor ke Bandung 118 km, berhasil mengumpulkan donasi sebesar 549 juta rupiah
  • 2015 – NusantaRun Chapter 3 – Bandung ke Cirebon 135 km, berhasil mengumpulkan donasi sebesar 1,3 milyar rupiah
  • 2016 – NusantaRun Chapter 4 – Cirebon ke Purwokerto 145 km, target donasi sebesar 1,5 milyar rupiah

Donasi yang dikumpulkan di NusantaRun Chapter 4 akan digunakan untuk membantu Yayasan Intan Permata yang berlokasi di Jalan Brigjend Katamso RT 04/01 Purwokerto. Yayasan Intan Permata didirikan pada tahun 2014 dan terdiri dari TK/PAUD dan SMP Intan Permata. SMP Intan Permata memiliki 35 murid yang terdiri dari anak putus sekolah, anak duafa, yatim dan anak berkebutuhan khusus (ABK/difabel). Dengan kondisi pemasukan keuangan bertumpu pada donatur lingkup ruangan keluarga pembina dan Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang sangat terbatas.

Yayasan Intan Permata berusaha membiayai pendidikan para murid  secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Kondisi bangunan saat ini hanya memiliki 3 kelas, 1 ruang guru dan 1 toilet yang berdiri di lahan sangat terbatas dan jauh dari kata layak.

Status keberadaan SMP Intan Permata saat ini masih menumpang di tanah waqaf, begitu pula untuk TK/PAUD yang keberadaannya masih menumpang di ruang sempit di sebelah mesjid.

Oleh karena itu, donasi yang dikumpulkan bersama akan digunakan untuk membeli tanah (± 760 m²) dan membangun sekolah dengan fasilitas yang lebih layak bagi murid-murid. Dan donasi lebih maka akan digunakan sebagai pelatihan guru-guru Yayasan Intan Permata sehingga harapannya dengan bantuan ini, SMP Intan Permata dapat diakui oleh pemerintah dan bisa menambah jumlah murid lebih banyak lagi.

Melalui artikel ini, kami mengajak teman-teman untuk ikut berkontribusi membantu sesama dengan berdonasi di acara NusantaRun Chapter 4 Cirebon – Purwokerto 145 km melalui link campaign berikut ini :

Cara untuk berdonasi :

  1. Klik link campaign diatas
  2. Klik tombol “Donasi Sekarang”
  3. Masukkan nominal donasi dan data diri
  4. Pilih metode pembayaran yang diinginkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.