Besok,18 Februari 2016 ada Kegiatan Kirab Boyongan Replika Saka Sipanji

0
550

KotaPurwokerto.com – Selain perubahan tanggal Hari Jadi Kabupaten Banyumas dari 6 April menjadi 22 Februari, juga akan digelar kegiatan baru yaitu Kirab Boyongan Replika Saka Sipanji, dari Pendopo Kecamatan Banyumas menuju Pendopo Sipanji Purwokerto. Kegiatan Kirab Boyongan Replika Saka Sipanji ini akan dilaksanakan setelah kegiatan ziarah, tasyakuran, dan penyerahan wayang ruwatan.

Rustin Harwanti selaku Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas mengatakan kegiatan ziarah ke Makam Bupati Pertama Djoko kahirman di Makam Dawuhan Kecamatan Banyumas, akan dilaksanakan Kamis 18 Februari 2016 pukul 08.00 WIB kemudian dilanjutkan syukuran dengan tumpeng di Pendopo Kecamatan Banyumas, dilanjutkan dengan penyerahan tokoh wayang kepada Ki Daulat yang akan melakukan pertunjukan wayang ruwat bumi, baru pelepasan Kirab Boyongan Replika Saka Sipanji.

“Kirab akan menggunakan mobil antik agar kegiatan mempunyai greget, terlihat klasik dan gayeng. Pelepasan akan dilaksanakan dari Halaman Pendopo Kecamatan Banyumas. Kirab akan dipimpin oleh Subamanggala diikuti oleh Bregada Pembawa Saka Sipanji, kemudian Bupati dan Wakil Bupati, Karawaitan Ruwatan baru kelompok mobil antik dengan penumpang Ketua DPRD, sekda dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah” jelas Rustin.

Sedangkan rute yang akan dilewati melalui jalur normal yaitu Banyumas, Kalibagor, Sokaraja, Berkoh, Jalan Jendral Soedirman menuju Pendopo Sipanji. 

Rencana start pukul 11.00 WIB dari Pendopo Kecamatan Banyumas dan perjalanan diperkirakan 45 menit sampai 1 jam. Di Pendopo Sipanji akan dilakukan prosesi pemasangan Saka Guru dan pagelaran Lengger.

Sumber : Parsito Humas Kabupaten Banyumas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.