Kota Purwokerto Mempertahankan Piala Adipura 2015

0
785

KotaPurwokerto.com – Piala Adipura untuk Kategori Kota Sedang kembali di raih oleh Pemkab Banyumas. Senin malam (23/11), Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein menerima Penghargaan Adipura yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla di Hotel Bidakara Jalan Gatot Soebroto Kavling 71-73, Pancoran DKI Jakarta. Penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat ini merupakan keberhasilan dalam tata kelola persampahan, tata kota dan lingkungan.

Kota Purwokerto Mempertahankan Piala Adipura 2015

Pelaksana Tugas (plt) Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Banyumas Drs. Imam Pamungkas, MM mengatakan, kepastian Banyumas menerima penghargaan Adipura setelah Bupati banyumas mendapatkan undangan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan perihal penyerahan penghargaan anugerah Adipura.

Banyumas memperoleh adipura setelah dilakukan dua kali penilaian oleh tim adipura dari pusat secara tersembunyi. “Tim dari pusat mengadakan penilaian pertama pada bulan November 2014, kedua pada bulan April 2015 kemudian dilakukan verifikasi 2 kali pada bulan Agustus dan Oktober 2015 dan pada tanggal 15 November 2015 Bupati Banyumas melaksanakan ekspose dan wawancara dengan dewan adipura, ahli kelola sampah, ahli tata kota dan ahli lingkungan tentang penilaian terhadap kebijakan, program dan kegiatan pengelolaan lingkungan hidup menuju sustainable city termasuk program dan kegiatan yang akan dilaksanakan kedepan” jelas Imam.

Kepala Bagian Humas Setda Banyumas Agus Nur Hadie mengatakan, setelah diterima resmi oleh Bupati, piala tersebut akan diarak keliling kota. Kirab diikuti oleh petugas kebersihan, relawan adipura, karyawan karyawati BLH, ibu-ibu PKK, pramuka saka kalpataru, pengurus KSM atau bank sampah perkotaan dan diramaikan grup kenthongan dari Andang Pangrenan binaa Dinporabudpar Kabupaten banyumas serta dukungan dari aparat kepolisian yang menampilkan kedaraan polwan dan foreder Polres Banyumas.

Peserta kirab dilepas oleh Wakil Bupati Dr. Budhi Setiawan di halam Pendopo Wakil Bupati untuk dikirab menuju Pendopo Si Panji, dengan menyusuri Jalan Jendral Soedirman Purwokerto. Sesampainya di Pendopo Piala Adipura yang dibawa oleh petugas kebbersihan diserahkan kepada Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein. usai kirab dilaksanakan tasyakuran dengan makan tumpeng bersama seluruh peserta kirab.

Sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras para petugas kebersihan di Kabupaten Banyumas maka Bupati dan Wakil Bupati Banyumas memberikan kenaikan honor petugas kebersihan dari Rp. 800.000,- menjadi Rp. 1.000.000,- setiap bulan terhitung mulai tahun 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.