Meriahnya Kirab Pusaka Banyumas 2016

0
1167

KotaPurwokerto.com – Kirab Pusaka Banyumas yang berlangsung Minggu (28/2) berlangsung meriah. Puluhan orang memadati Jalan Jendral Soedirman Purwokerto. Kirab Pusaka dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Banyumas 445 ini menjadi salah satu kegiatan yang diminati oleh masyarakat.

Prosesi kirab ini diawali dengan upacara, yang dilanjutkan dengan penyerahan pusaka kepada petugas kirab di Pendopo Wakil Bupati Banyumas. Keempat pusaka itu yaitu Tombak Kiai Genjring, Keris Nala Praja, Keris Gajah Endra dan Pustaka Mulia Stambul (Al Quran berukuran kecil). Rute Kirab Pusaka Banyumas ini dari Pendopo Wakil Bupati Banyumas sampai Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas.

Upacara Pemberangkatan Kirab Pusaka Banyumas 2016
Upacara Pemberangkatan Kirab Pusaka Banyumas 2016

 

Rombongan Bawor Maskot Banyumas
Rombongan Bawor Maskot Banyumas

Rombongan kirab diawali dengan rombongan Bawor Maskot Banyumas, kemudian pasukan Bergada yang dipimpin Subhamenggala yang tahun ini dilaksanakan oleh Yakut Jeder Dalang Muda Banyumas, dan iring-iringan pembawa keempat Pusaka. Dibagian depan dengan naik andong Kakang Mbekayu Duta Wisata Banyumas 2015, Muhammad Thol’al Al faraqi dan Retno Fitriyana, yang menjadi simbol Bupati Pertama Banyumas R. Joko Kaiman bersama istri.

Pasukan Bergada yang dipimpin Subhamenggala yang tahun ini dilaksanakan oleh Yakut Jeder Dalang Muda Banyumas
Pasukan Bergada yang dipimpin Subhamenggala yang tahun ini dilaksanakan oleh Yakut Jeder Dalang Muda Banyumas

 

Meriahnya Kirab Pusaka Banyumas 2016 (5)
Kakang Mbekayu Duta Wisata Banyumas 2015, Muhammad Thol’al Al faraqi dan Retno Fitriyana, yang menjadi simbol Bupati Pertama Banyumas R. Joko Kaiman bersama istri

Bupati Banyumas Ir. H Achmad Husein berjalan didampingi istri, Ny. Erna Husein dan rombongan Wakil Bupati Banyumas Dr, Budhi Setiawan beserta istri, Ny. Linawati Setiawan, Ketua DPRD, Anggota Forkompinda Sekda, Kepala SKPD dan Camat beserta Kepala Kelurahan dan Kepala Desa ikut meramaikan Kirab Pusaka Banyumas dengan menggunakan pakaian adat Banyumasan.

Baca : Prosesi Kirab Boyongan  Replika Saka Sipanji

Setelah keempat pusaka sampai di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas dilakukan upacara pareleman yang dipimpin oleh Wakil Bupati Dr. Budhi Setiawan. Uparaca dimulai dengan laporan dari Subamanggala  yang melaporkan bahwa kirab telah dilaksanakan dengan aman dan lancar. Kemudian keempat pusaka dikembalikan ke tempat pareleman semula di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas.

Berikut ini foto dokumentasi team Kotapurwokerto.com di Kirab Pusaka Banyumas 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.