Prosesi Kirab Boyongan Replika Saka Sipanji

1
759

KotaPurwokerto.com – Mengawali peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke 445, hari Kamis 18 Februari 2016 Bupati dan Wakil Bupati Banyumas, Ketua DPRD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Banyumas, dan para Pimpinan Dinas/Lemtekda berziarah ke Makam R. Joko Kaiman di Desa Dawuhan Kecamatan Banyumas. Kegiatan ziarah diawali dengan sambutan Bupati Banyumas, pembacaan doa, tabur bunga dan pembagian sedekah berupa uang kepada warga masyarakat Desa Dawuhan yang ikut serta dalam prosesi ziarah.

Di sambutannya Bupati menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No 10 tahun 2015 menetapkan tanggal 22 Februari 1571 sebagai Hari Jadi Kabupaten Banyumas didasarkan pada saat diwisudanya R. Joko Kaiman menjadi Adipati Warga Utama II.

“Ziarah kiye, dudu arep ngagung-agungaken sing wis suwargi ananging mligi mujudaken pangenget enget maring para leluhur sing wis akeh dharma baktine khususe maring Kabupaten Banyumas, sing siki katon widodo lestari kalis ing sambekala” ujar Ir. Achmad Husein Bupati Banyumas.

Prosesi Ziarah ke Makam R. Joko Kaiman di Desa Dawuhan Kecamatan Banyumas
Foto Prosesi Ziarah ke Makam R. Joko Kaiman di Desa Dawuhan Kecamatan Banyumas

Setelah prosesi ziarah ke Makam R. Joko Kaiman, Bupati dan rombongan menggunakan 3 bus langsung menuju ke Pendopo Kantor Kecamatan Banyumas untuk prosesi Kirab Boyongan Replika Saka Sipanji. Sepanjang perjalanan ke Pendopo rombongan disambut oleh para siswa di desa Dawuhan dan sekitarnya. Semua peserta kirab menggunakan pakaian adat banyumasan.

Proses pelepasan dilaksanakan di halaman Pendopo Kecamatan Banyumas oleh Bupati Banyumas. Bupati berpesan bahwa salah satu saka dilarang untuk melewati sungai serayu dan setelah acara agar dilaksanakan tari lengger. Pemberangkatan saka oleh bregada membawa 3 saka, diilustrasikan bahwa saka “Sipanji” sudah berangkat duluan dan tidak melewati sungai serayu, jadi hanya 3 saka saja yang dibawa dari Banyumas.

Rute Kirab Boyongan Replika Saka Sipanji dari Pendopo Kecamatan Banyumas – Kalibagor – Sokaraja – Berkoh – Air Mancur – Jalan Jendral Soedirman dan finish di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas. Rombongan terdiri dari Subamanggala diikuti oleh Bregada pembawa Sipanji, mobil antik yang dinaiki oleh Bupati dan Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolsek Banyumas, Sekda, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Prosesi pemasangan saka guru, diawali laporan dari Subamanggala bahwa bregada pembawa saka semuanya sudah tiba dan dilakukan pemasangan Saka Sipanji. Usai pemasangan, Istri Bupati Ny. Erna Husein menerima tikar, bantal serta lampu yang selanjutnya digelar ditengah pendopo untuk tempat tumpengan. Setelah pemasangan saka dilanjutkan dengan pagelaran lengger, pemotongan tumpeng dan makan soto sokaraja bersama para peserta yang hadir.

Prosesi Kirab Boyongan Replika Saka Sipanji
Prosesi Kirab Boyongan Replika Saka Sipanji

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.